01 Januari 2012

UU Pengadaan Lahan Penting untuk Daya Saing Ekonomi

UU Pengadaan Lahan Penting untuk Daya Saing Ekonomi

Jakarta - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengadaan Lahan saat ini sedang menunggu disahkan oleh DPR. Begitu pentingnya UU pengadaan lahan ini sehingga pemerintah berharap secepatnya disahkan.

Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, UU pengadaan lahan itu akan bisa meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia.

"Saya harapkan dengan selesainya itu, hal yang berkaitan dengan competitiveness kita akan meningkat, kemudian doing bussines kita akan naik, dan kalau itu membaik bagus," jelas Menko Perekonomian Hatta Rajasa belum lama ini.

UU Pengadaan Lahan itu nantinya akan memberikan keadilan bagi pemilik lahan dan pemerintah yang membutuhkan lahan dalam rangkat mempercepat pembangunan infrastruktur. Sebagaimana diketahui, salah satu penyebab terbengkalainya pembangunan infrastruktur, karena pengadaan lahan yang lambat.

Dalam RUU tersebut, penentuan harga atas suatu lahan akan diputuskan melalui keberadaan tim appraisal independen. Hatta menjelaskan, apabila terdapat sengketa atau ketidaksepakatan mengenai harga tanah ataupun lahan, maka kedua pihak dipersilahkan untuk membawa permasalahan tersebut di pengadilan.

"Manakala mereka tak setuju, kita menempatkan itu ke pengadilan, pengadilan bersidang maksimum satu bulan untuk menetapkan harga. Manakala pengadilan mengetok harganya sekian, maka itu mengikat dan harus dieksekusi. Begitu pengadilan menetapkan, ya jalan," katanya.

Harapan mengenai pengesahan RUU Pengadaan Lahan juga disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bapenas Amida S Alisjahbana. Armida mengharapkan, pengesahan undang-undang tersebut dapat mempercepat proses pembangunan sarana infrastruktur yang selama ini masih terhambat misalnya pelaksaanan proyek jalan tol trans Jawa. "Nanti ini bisa mempercepat pembangunan infrastruktur dan untuk pembangunan lainnya. Pokoknya infrastruktur yang kemarin agak terhambat karena masalah lahan, nantinya bisa lebih cepat," tegasnya.(BS)

quotes
Sejarah menunjukkan negara kita kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam akan mendatangkan kesejahteraan, kalau teknologi dikuasai untuk pengolah bahan baku tambang menjadi siap pakai. -HATTA RAJASA- 
Dalam MP3EI telah ditetapkan tiga pilar strategi, yaitu pengembangan potensi melalui koridor ekonomi, memperkuat konektivitas nasional dan mempercepat kemampuan SDM dan IPTEK nasional. -HATTA RAJASA-
Saya juga meminta seluruh kader PAN untuk menciptakan iklim yang kondusif agar pencapaian dan kemajuan yang telah dicapai bangsa ini dapat terus berlanjut. -HATTA RAJASA-