29 Agustus 2012

MP3EI dan Kesiapan Kawasan Indonesia Timur

MP3EI dan Kesiapan Kawasan Indonesia Timur


    Sebagaimana kita ketahui bahwa pemerintah melalui Menko Perekonomian Republik Indonesia Hatta Rajasa telah menerbitkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. Dalam MP3EI tersebut pemerintah telah menetapkan enam koridor sebagai daerah pembangunan ekonomi. Salah satu koridor meliputi kawasan  Maluku, Papua, Sulawesi dan sekitarnya. Kawasan ini merupakan representasi dari Indonesia timur.

    MP3EI sebagai program pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan dengan membangun sejumlah infrastruktur di berbagai daerah terpencil merupakan langkah taktis untuk terus fokus dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ini juga yang mendorong pemerintah gencar dalam membangun perekonomian di Kawasan timur Indonesia, termasuk Sulawesi yang merupakan bagian dari koridor MP3EI.  

    Dalam rangka mendukung pengembangan kawasan industri bagian timur, pada 2013 mendatang pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 17 Triliun guna memfasilitasi penyusunan dokumen perencanaan pembangunan di berbagai kabupaten/kota. Melalui MP3EI tersebut diharapkan kawasan yang masuk dalam koridor-koridor tujuan pembangunan ekonomi dapat terealisasi dengan sangat baik dan merata.

    Selain menjadi bagian dari rencana pemerintah dalam pertumbuhan ekonomi, MP3EI juga sangat diharapkan memacu para investor asing untuk berinvetasi di seluruh koridor MP3EI, dan tentunya akan berdampak sangat baik dalam pertumbuhan ekonomi.

    “Kita harus jadi pemasok bahan mentah, tetapi harus juga bisa menjadi nilai tambah yang positif bagi Indonesia” kata Hatta dalam suatu kesempatan.

    Bukti kondisi perekonomian Indonesia sudah sangat baik bisa dilihat pada tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sudah mencapai 4,5 persen pada 2009, dilihat juga dari pendapatan per kapita pada tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 21,7 Juta dan kini bisa melambung naik menjadi Rp 24,3 juta, ini jelas membuktikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia berkembang sangat baik dari tahun ke tahun. Efek domino yang bisa dilihat adalah peran serta investor asing yang pada 2010 saja sudah mencapai Rp149,6 Triliun (93,4%) dari target yang di realisasi sebesar Rp 160,1 triliun.

    Kesiapan pemerintah Provinsi Sulawesi tengah untuk menjadi calon kawasan ekonomi khusus sudah sangat rampung. Kawasan ekonomi khusus (KEK) Palu Sulawesi Tengah telah diverifikasi oleh Dewan Nasional KEK dan dinyatakan sesuai dengan Peraturan Menteri Perekonomian RI Nomor 7 Tahun 2011, beberapa investor sudah mulai "mudik" untuk berinvetasi di Sulawesi Tengah. Pemerintah Palu sendiri pun welcome dan sangat mengapresiasi para investor asing yang ingin berinvetasi di Palu, Sulawesi Tengah.

    Dalam mengemban Visi dan Misi Ekonomi Indonesia pemerintah Palu mulai membangun berbagai link yang termasuk dalam konektivita nya MP3EI. Potensi-potensi yang terdapat harus bisa digali sebagai bahan pertimbangan investor untuk berinvetasi dan "betah" untuk tinggal di Indonesia, khususnya Kota Palu.

    MP3EI akan terus berjalan sebagaimana yang telah direncanakan pemerintah, fokus pembangunan seluruh koridor sudah bisa dilihat dari berbagai infrastruktur guna menunjang aktivitas ekonomi di kawasan Indonesia Timur. “Kawasan Indonesia Timur harus terus membangun, dan membangunN” kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

    Kawasan Indonesia Timur adalah koridor terakhir dari perencanaan pemerintah tentang ekonomi yang berbasis MP3EI. Namun tidak sampai di sini, program pemerintah tentang pengembangan ekonomi akan terus bergulir dari waktu ke waktu. Fokus pemerintah akan terus tertuju pada pertumbuhan ekonomi masing-masing daerah termasuk di dalamnya enam koridor pembangunan ekonomi. Bagian terpenting dalam membangun perekonomian Indonesia yang lebih baik adalah adanya kerjasama dan dukungan seluruh lapisan masyarakat dalam kebijakan pemerintah tentang perencanaan pembangunan ekonomi saat ini. Kenapa sangat penting? Karena bagaimanapun infrastruktur yang nantinya rampung seluruhnya akan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal yang sangat membanggakan jika Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat perekonomian yang sangat baik.

    “Indonesia akan menjadi negara maju pada 2025” kata Hatta. Optimisme Menko Perekonomian menunjukkan bahwa pemerintah benar-benar serius dalam membuat sebuah kebijakan. Apalagi menyangkut perekonomian, pemerintah akan terus melakukan yang terbaik bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dengan slogan kerja, kerja dan kerja motivasi optimisme tersirat dari seorang Hatta Rajasa.(IA) 

terpopuler
quotes
Sejarah menunjukkan negara kita kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam akan mendatangkan kesejahteraan, kalau teknologi dikuasai untuk pengolah bahan baku tambang menjadi siap pakai. -HATTA RAJASA- 
Dalam MP3EI telah ditetapkan tiga pilar strategi, yaitu pengembangan potensi melalui koridor ekonomi, memperkuat konektivitas nasional dan mempercepat kemampuan SDM dan IPTEK nasional. -HATTA RAJASA-
Saya juga meminta seluruh kader PAN untuk menciptakan iklim yang kondusif agar pencapaian dan kemajuan yang telah dicapai bangsa ini dapat terus berlanjut. -HATTA RAJASA-