05 Juni 2013

Hatta: Pemerintah Siapkan Tabungan Rumah Murah

Hatta: Pemerintah Siapkan Tabungan Rumah Murah
JAKARTA– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Hatta Rajasa memimpin rapat koordinasi (rakor) dengan sejumlah menteri di kantornya, Rabu 5 Juni 2013. Menteri yang hadir, diantaranya Dahlan Iskan (Menteri BUMN) dan Djan Faridz (Menteri Perumahan Rakyat). Agenda rakor hari ini adalah pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Nasional (Tapenas) yang akan diajukan ke DPR. 
 
Dalam pandangan pemerintah, yang diajukan memperoleh tabungan rumah murah adalah PNS dan pegawai BUMN. Namun DPR ingin pegawai swasta juga memperoleh hak yang sama. "Ini masih membahas RUU Tapenas. Ada perbedaan dari sisi pemerintah dan DPR. Menurut DPR tidak hanya PNS, karena tujuannya meringankan masyarakat  yang tidak punya rumah, sehingga konsep iuran itu memudahkan mereka mendapatkannya," terang Hatta. 
 
Dalam rakor hari ini, belum ada keputusan apakah pegawai swasta akan mendapatkan fasilitas tabungan rumah.  Pemerintah masih menjaring pendapat-pendapat dari berbagai kalangan, mulai swasta sampai  pekerja atau buruh.
 
"Kita menjaring aspirasi pengusaha, pekerja kita. Untuk seluruh rakyat Indonesia. Pekerja BUMN, PNS ingin punya rumah, swasta didengarkan dulu seperti apa, maunya seperti apa. Nanti akan dijadikan suatu UU dalam aspirasi mereka terhadap ini," sambungnya.
 
Setelah mendengarkan pendapat dari berbagai pihak, RUU Tapenas akan dibahas bersama DPR. Keputusan pegawai swasta bisa mendapatkan fasilitas tabungan ini akan diputuskan bersama DPR. Hatta juga belum membahas seberapa besar iuran yang diperlukan dalam membangun perumahan itu.
 
"DPR mengerti posisinya, pemerintah sudah memiliki DIM-nya, aspirasinya, tidak hanya APBN, APBD. Untuk sampai ke situ, kita dengarkan aspirasi pekerja," pungkasnya.(AH).
 
 
quotes
Sejarah menunjukkan negara kita kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam akan mendatangkan kesejahteraan, kalau teknologi dikuasai untuk pengolah bahan baku tambang menjadi siap pakai. -HATTA RAJASA- 
Dalam MP3EI telah ditetapkan tiga pilar strategi, yaitu pengembangan potensi melalui koridor ekonomi, memperkuat konektivitas nasional dan mempercepat kemampuan SDM dan IPTEK nasional. -HATTA RAJASA-
Saya juga meminta seluruh kader PAN untuk menciptakan iklim yang kondusif agar pencapaian dan kemajuan yang telah dicapai bangsa ini dapat terus berlanjut. -HATTA RAJASA-